Dorong Minat Baca lewat Lomba Hias Perpustakaan

0
153

GIRImu.com – Membudayakan kembali membaca buku, SD Muhammadiyah 2 GKB Gresik menggelar perlombaan yang terbilang unik. Caranya, SD dengan berjuluk Berlian School itu menggandeng wali murid untuk menjadikan perpustakaan lebih cantik dan ramah bagi pengunjungnya.

Dari hasil kreasi kolaborasi anak-anak dan wali murid, perputakaan mini yang berada di pojok kelas itu diperbaiki serta diberi ornamen untuk menarik minat baca siswa. Perlombaan itu digelar bertepatan dengan even one day thematic (ODT), Sabtu (27/1/2018).

Kepala SD Muhammadiyah 2 GKB, Moh Nor Qomari, mengatakan, membaca merupakan suatu kegiatan yang sangat penting dan memiliki banyak manfaat. Tentunya budaya membaca perlu adanya pembiasaan agar siswa terbiasa membaca buku.

“Kalau perpustakaannya bagus akan banyak siswa yang suka membaca,” katanya, seperti dikutip cahayapena.co.id, Minggu (28/1/2018), .

Lomba menghias perpustakaan ini, lanjut Qomari, dampaknya diharapkan mampu membangkitkan gairah membaca di kalangan siswa. “Tujuan dari adanya lomba perpustakaan kelas adalah untuk meningkatkan mendekatkan buku bacaan kepada siswa,” ucapnya.

Dewi Musdalifah, salah seorang juri dalam lomba itu berharap, perlombaan perpustakaan ini bisa menjadi awal yang baik guna membudayakan membaca buku sejak dini.

“Ini langkah awal untuk menggiatkan kegiatan membaca di kelas. Dan, support yang luar biasa dari wali murid tentunya memiliki nilai lebih, karena tidak semua sekolah memiliki daya juang yang tinggi untuk menggerakkan budaya literasi, khususnya membaca buku,” tambah dia. (sto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here