Jauhi Narkoba, Menuju Indonesia Bersinar

0
18

GIRImu.com -SMP Muhammadiyah 4 Kebomas, Gresik kedatangan tamu spesial, Rabu (21/3/2018). Tamu itu adalah Umar Khotob dari Gerakan Mencegah Daripada Mengobati (GMDM).

GDMN merupakan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) berpusat di Jakarta. LSM ini perannya membantu pemerintah dan masyarakat dalam mencegah jatuhnya korban akibat narkoba, HIV/AIDS, premanisme, dan mengantisipasi ketertinggalan pendidikan.

Kehadiran Umar di SMPM 4 Kebomas sebenarnya tidak direncanakan. Ia ke Gresik sambang putrinya yang juga alumni  sekolah yang berlokasi di kawasan Giri ini. Nah, di sela mengunjungi putrinya, ia sempatkan mampir ke SMPM 4 untuk memberikan penyuluhan kepada para siswa tentang bahaya narkoba serta rokok dalam pergaulan remaja masa kini.

Menurut dia, narkoba adalah bahan senyawa kimia yang memberikan kecanduan kepada penggunanya dan mengganggu sitem syaraf pusat dan sangat berbahaya bagi manusia. Ia juga menjabarkan tentang korelasi penggunaan rokokdan narkoba.

“Survey dari BNN (Badan Narkotika Nasional) menjabarkan, anak atau pelajar yang merokok cenderung 10 kali rentan terhadap narkoba daripada yang tidak merokok,” katanya.

Di akhir acara Umar berpesan kepada anak-anak agar menjauhi narkoba dan tidak sekali-kali berani menyentuh apalagi mencoba mengonsumsinya. Pada gilirannya Indonesia bisa Bersinar (Bersih dari Narkoba).

Sementara Kepala Sekolah SMPM 4 Kebomas, Nung Muawanah, menambahkan, pada dasarnya pelajar merupakan remaja yang sedang mencari jati diri. Mereka suka mencoba hal-hal baru tanpa mengetahui dan mempertimbangkan bahayanya.

“Semoga dengan adanya penyuluhan dari GMDM ini, anak-anak paham akan bahaya narkoba dan rokok, serta menjauhi barang berbahaya tersebut,” katanya. (dra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here