Apresiasi Karya Siswa, SMKM 2 Benjeng Gelar Pameran dan Lomba

0
32
Salah satu karya kretaif siswa yang dipamerkan. (Foto: Girimu.com/Ayu Selfiana)


GIRImu.com – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 2 Benjeng, Gresik memiliki cara tersendiri kepada siswanya untuk memacu kreativitas dan menghasilkan produk bernilai ekonomi. Selain terus memompakan semangat kemandirian dalam berkarya, SMKMuda secara rutin juga menggelar pameran dan lomba sebagai ajang apresiasi atas karya dan kreativitas anak didiknya.

Menariknya, produk kreratif yang dihasilkan tidak selalu berbahan baku mahal dan sulit mencarinya. Mereka justru memanfaatkan barang bekas atau limbah sebagai bahan baku utama. Salah satunya dibuktikan oleh tim kreatif kelas XI DKV.

Mereka memanfaatkan kawat bekas untuk dijadikan pohon besi yang unik yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Menurut Amin Thohari, Wali Kelas XI-DKV, mereka memilih menggunakan bahan kawat bekas karena di lingkungan sekitar sekolah banyak dijumpai limbah kawat bekas pembangunan berserakan.

“Kalau dibiarkan berceceran di sekitar sekolah, bisa berbahaya bagi keselamatan anak-anak. Karena itu, kita manfaatkan sebagai bahan untuk membuat pohon besi yang artistik,” ujar Amin Thohari di kantornya, Sabtu (23/3/2019).

Selain produk kreatif bertema seni rupa, ada produk lain yang tak kalah menarik. Kali ini dihasilkan siswa-siswi jurusan Kimia Industri. Melalui kegiatan Unit Kewirausahaan, mereka menghasilkan berbagai macam produk kebersihan seperti sabun cuci motor, pewangi cucian, sabun cuci piring, dan produk olahan jamu tradisional seperti ekstrak jahe dan sirup wedang secang.

Meskipun masih dikemas dalam botol yang sederhana, tidak membuat kualitasnya asal-asalan. Kualitas tetap menjadi perhatian, sehingga hasil akhirnya mampu menghasilkan produk berkualitas tinggi bagi konsumen.

Susan Aminah, Kepala Unit Usaha Kimia Industri SMKMuda mengatakan, produk-produk yang mereka ciptakan telah mengalami beberapa kali percobaan. Itu dilakukan untuk menghasilkan kualitas terbaik.

“Beruntung kami memiliki siswa-siswa yang tangguh dan mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi, sehingga terciptalah produk-produk berkualitas seperti ini,” ujarnya penuh semangat.

Sebagai bentuk apresiasi atas hasil kreativitas siswanya, SMKmuda tiap tahun menggelar Pameran Produk Kreatif (CP-EX) dan Lomba Antar-Pelajar Se-Kabupaten Gresik. Biasanya, ajang itu digelar bulan Desember yang juga melibatkan para pelajar SMP/MTs sekabupaten Gresik.

Syuhud Immawan, Kepala SMKMuda Benjeng mengatakan, pihaknya selalu memompakan semangat berkompetisi di antara semua kelas, sehingga seluruh siswa mau mengeluarkan potensi terbaik yang mereka miliki.

“Satu harapan kami, bahwa siswa-siswi SMKMuda mempunyai kreativitas dan inovasi untuk melengkapi keterampilan yang sudah mereka miliki sesuai jurusan mereka,” ujarnya. (sel)

Kontributor: Ayu Selfiana, guru di SMK Muhammadiyah 2 Benjeng, Gresik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here