SMKMuda Benjeng Tularkan Keterampilan kepada Ibu-ibu PKK

0
77
Suasana pelatihan siswa SMKMuda kepada ibu-ibu PKK. (Foto: Girimu.com/Ayu Selfiana)

GIRImu.com – SMK Muhammadiyah 2 Benjeng, Gresik yang lebih akrab dengan sebutan SMKMuda tak pelit dengan keterampilan yang dimiliki. Di tengah hujan deras, Minggu (24/3/2019), sekolah berlokasi sekitar 20 Km dari kota Gresik ini berbagi kemampuan membuat softener laundry kepada masyarakat.

Dengan tajuk Pelatihan Wirausaha, sejumlah siswa SMKMuda dengan penuh semangat memberikan pelatihan pembuatan softener laundrykepada ibu-ibu PKK Desa Dermo, Benjeng, Gresik.

Para peserta yang kebanyakan ibu rumah tangga dengan antusias mengikuti pelatihan ini. Diawali pemberian motivasi tentang peluang wirausaha produk pewangi cucian (laundry), pelatihan juga menghadirkan demonstrasi cara pembuatan yang dipandu oleh siswa-siswi dari program keahlian Kimia Industri. Tak cukup dengan itu, peserta juga diberi kesempatan untuk bertanyakepada sang nara sumber.

Menurut Mudmaidah, Waka bidang Humas SMKMuda, selain bertujuan berbagi ilmu dan keterampilan wirausaha kepada ibu-ibu, pelatihan juga sebagai sarana memperkenalkan SMKMuda khususnya Program Keahlian baru yang dimiliki oleh sekolah, yakni Teknik Kimia Industri yang baru satu tahun berdiri kepada masyarakat.

Melihat antusiasme para peserta dan semangat siswa-siswinya, Raffani, Kaprogli Kimia Industri yang juga nara sumber even itu mengatakan, kegiatan ini akan akan dilanjutkan ke desa-desa lain di wilayah Kec. Benjeng, Cerme dan sekitarnya pada bulan Maret hingga April 2019.

“Kita juga berharap, melalui kegiatan seperti ini, kita bisa menjadikan anak-anak lebih terampil dalam keahliannya dan juga terampil dalam hal public speaking,” sambungnya.

Sementara Tutla Ghanim, Sekretaris PKK Desa Dermo, mengungkapkan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi anggota PKK sebagai salah satu peluang untuk meningkatkan penghasilan keluarga mereka.

“Mudah-mudahan kegiatan seperti ini akan tetap dilanjutkan dalam rangka pemberdayaan ekonomi ibu-ibu PKK dan di kesempatan lain barangkali bisa memberi pelatihan yang berbeda,” imbuhnya.

Pada akhir pelatihan, juga dilakukan pembagian doorprize bagi para peserta yang bisa menjawab pertanyaan dari nara sumber. Sebagai penutup acara, disampaikan pula profil SMKMuda yang paparkan oleh siswa-siswi dari jurusan OTKP dan DKV. (sel)

Kontributor: Ayu Selfiana, guru di SMK Muhammadiyah 2 Benjeng, Gresik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here