Semarak Busana dan Lomba Kemerdekaan di SD Muri

0
82
Para juara dan ustadzah pendampingnya.

GIRImu.com – Beragam cara bisa dilakukan untuk ikut menyemarakkan peringatan Hari Kemerdekaan ke-71 Republik Indonesia. Selain upacara bendera, aneka lomba dan hiburan adalah yang lazim dilakukan warga negara, termasuk di kalangan dunia pendidikan.

Demikian juga SD Muhammadityah 1 Giri (SD Muri), Kebomas, Gresik. Sekolah di kompleks perguruan Giri ini tak mau ketinggalan dalam menyemarakkan HUT Kemerdekaan tahun 2019 ini.

Seperti lazimnya sekolah lain, bersama SMP Muhammadiyah 4 Kebomas, SD Muri juga mengikuti upacara bendera pada 17 Agustus. Ada yang menarik pada pelaksanaan upacara ini. Sekolah membebaskan para siswanya untuk mengenakan kostum, namun bernuansa merah putih.

Ini untuk siswa kelas 1-5. Dan, panitia memberikan penghargaan kepada siswa dengan kostum terbaik, baik untuk siswa laki-laki maupun putri. Sementara siswa kelas 6, memakai pakaian serba putih, karena bertugas sebagai kelompok paduan suara.

Ini juga para jagoan SD Muri.

Sehari sebelumnya, sekolah ini menggelar aneka lomba yang melibatkan seluruh siswa. Ini berbeda dengan pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya, yang lomba-lombanya dilakukan secara berkelompok/antarkelas. Menurut Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Ustadzah Umamah, tahun ini memang tampil beda.

Ada aneka lomba yang dipertandingkan, di antaranya adalah meniup bola di atas air, mengisi air dengan spon, membawa bola dengan sendok, dan
Tarik sarung. Tiap jenis lomba diambil juara 1, 2, dan 3.

“Biasanya kegiatan lomba kami adakan per kelompok dan antarkelas. Tapi kali ini siswa bermain secara individu, supaya semua siswa memperoleh kesempatan yang sama. Dari sini kita bisa mengetahui benar kemampuan anak-anak dalam kegiatan yang menggunakn motorik,” ungkapnya.

Berikut adalah hasil lomba dan para juaranya.
A. Tarik Sarung

  1. M. Miftakhul Huda
  2. Almaira Zahra Fitriani (kelas 5)
  3. M. ADamar Raihan Adiangsa (kelas 6)

B. Meniup Bola Di Atas Air

  1. Muh. Fahri Abdilah Wahyudi (kelas 6)
  2. Arqiano Akbar Bhakti Permana
  3. Talita Labibah Al Mumtazah (kelas 6)

C. Membawa Bola dengan Sendok
1. Alseme (kelas 3a)
2. Afrizal Bahaagih (kelas 2B)

3. M. Felik Azizi (kelas 1b)

D. Mengisi Air dengan Sepon

  1. Raiqoh Helya (kelas 2b)
  2. Kesya (kelas 3a)
  3. Aisya Ayudia Inara (kelas 1b)

E. Kostum Terbaik
– Putri: Felisya Qonita Najiyah Azzahra (kelas 1a)
– Putra: Nizar (kelas 3a)

“Kami berharap, dengan cara ini kita bisa menemukan bibit-bibit yang unggul, yang menjadi awal dari SDM yang unggul,” ujar Ustadzah Umamah. (riz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here