Serunya Gebyar Muharram di SD Almadany Gresik

0
83
Dengan ekspresi yang beragam, siswa SD Almadany unjuk karya bersama Ustadz dan Ustadzahnya. (Foto: Girimu/Lidya Maulidah)


GIRImu.com – Inilah pemandangan nan sumringah yang menandai aneka ekspresi siswa-siswa SD Alam Muhammadiyah Kedanyang (SD Almadany). Jumat (30/8/2019) mereka berbondong-bondong datang ke sekolah di Perumahan GKGA Kedanyang, Kebomas, Gresik ini.

Dengan ekspresi penuh ceria dan sumringah, mereka membawa poster dengan berbagai macam ukuran. Ada yang kecil. Ada pula yang sedang. Bahkan, sebagian menenteng poster besar untuk ukuran anak-anak.

Mereka saling “unjuk gigi”, menunjukan poster hasil karya yang dibuat bersama dengan orang tua semalam. Bahkan yang luar biasa, ada juga siswa yang mengerjakan poster tanpa ingin dibantu oleh orang tuanya.

Hari itu SD Alamadany mengadakan pawai menyambut Tahun Baru Islam 1441 H. Siswa berkeliling di sekitar Perumahan Griya Karya Giri Asri (GKGA) Kedanyang dengan membawa poster ucapan selamat Tahun Baru Hijriyah.

Seusai pawai, sekolah berkonsep alam pertama di Gresik itu juga mengadakan berbagai perlombaan. Di antaranya, lomba adzan, memakai sarung untuk siswa putra, iqomah dan melipat mukena untuk siswa putri. Ada pula pemilihan siswa dengan busana Muslim/Muslimah dan poster terbaik.

Para juara dan apresiasi yang mereka dapatkan dari Kepala SD Almadany, A.H. Nurhasan Anwar (kanan).

Nur Aini, Kaur Kesiswaan SD Almadany, menyebut semangat siswa dalam menyambut tahun baru Islam ini sangat luar biasa. Ini terbukti dari semangat mereka mempersiapkan diri, baik di rumah maupun di sekolah.

“Pada hari sebelumnya (Rabu-Kamis, 28-29/8/2019) siswa berlatih adzan dan iqomah di kelas masing-masing. Ada pula siswa yang sampai menyewa baju untuk penampilan terbaiknya. Juga ada yang pulang sekolah sampai malam, berusaha membuat poster yang terbaik,” ujarnya

Hasil pemilihan poster antarkelas, kelas I Mentari diraih oleh Aqila Kaysa Cahaya Sabrina, Kelas I Pelangi dimenangkan oleh Engeli Daiva Javanda, dan dari kelas II Samudra dimenangi oleh Kayla Shafa.

Kesan yang sama juga datang dari sejumlah wali murid. Seperti diungkapkan mama Kayla Shafa, Nina Puspita Sari. Bahkan, ia tak kuasa menahan rasa bahagianya.

Alhamdulillah Ustadzah, saya bangga dengan Chia (panggilan Kayla Shafa, Red.) karena dia sangat antusias dalam membuat poster. Kemarin waktu mengerjakan, dia tidak mau dibantu sama sekali, meskipun hanya menggunting gambar saja,” ujar Ketua Ikatan Wali Murid SD Almadany ini.

Dalam pemilihan busana terbaik, terpilih Narayan Navisha Putri dari kelas I Mentari, Indira Nahda Ramadhina dari kelas I Pelangi, dan dari kelas II Samudra dimenangi oleh Kayra Allena.

Rasa senang dan bangga dirasakan ketiga juara tersebut. Begitu pula
perasaan bangga juga dirasakan oleh Vina Ervianti, bunda dari Naraya Navisha Putri dari kelas I Mentari.

“Busana itu hasil perpaduan yang dia putuskan sendiri untuk memakainya,” ujarnya

Pada lomba adzan juara 1 dan 3 dimenangkan oleh Muhammad Danish Hanafi dan Isra Kenzie Nazhari dari kelas II Samudra. Sementara juara 2 dimenangkan oleh Asyraf Raihan Pratama dari kelas I Mentari.

Sedangkan pada lomba melipat mukena paling rapi, juara 1 dimenangkan oleh Hanifa Arin Widiyangmuda dari kelas II Samudra. Juara 2 Engeli Daiva Javanda (Kelas I Pelangi) dan juara 3 didapatkan oleh Saiza Nur Maulidah Yanti (kelas I Mentari).

Dari lomba memasang sarung paling rapi juara I diraih Muhammad Danish Hanafi dari kelas II samudra, Juara 2 diraih Muhammad Mirza Ardani (Kelas I Pelangi) dan Juara 3 dimenangkan Muhammad Aufar Sauqi Hirz (Kelas I mentari).

“Hari ini semangat anak-anak sangat luar biasa. Dalam perlombaan ada yang menang dan ada yang kalah, itu hal yang biasa. Inilah sikap sportif yang secara dini kami tanamkan kepada anak-anak,” ujar Lilik Isnawati, Kaur Kurikulum SD Almadany. (Lidya Maulidah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here