Aksi Konkret Sispala Muda, Bagikan Air Bersih di Tengah Kemarau Panjang

0
82
Aktivis Sispala Muda bagi-bagi air bersih kepada warga di Benjeng. (Foto: Hariyanto for Girimu.com)

GIRImu.com – Suasana sudut kampung di RT 01 Dusun/Desa Klampok, Kec. Benjeng, Gresik sontak riuh. Hal ini terkait datangnya bantuan air bersih yang diberikan oleh Sispala Muda, Organisasi Pecinta Alam SMK Muhammadiyah 2 Gresik.

Datangnya mobil tangki yang memuat air bersih, Sabtu (14/9/2019) itu benar-benar seperti oase di musim kemarau yang berkepanjangan. Aksi nyata Sispala Muda ini setidaknya mampu meringankan beban warga dalam menghadapi musim kemarau dalam hal pemenuhan air bersih.

Berpose sebelum bagi-bagi air bersih (Foto: Hariyanto for Girimu.com)

Suji, salah seorang warga dusun itu mengaku, bantuan air bersih sangat diharapkan oleh warga. Sebab, selama ini mereka harus mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli air selama musim kemarau. Hal itu karena sumber air atau sumur-sumur yang dimiliki warga tak lagi mampu mengeluarkan air yang mereka butuhkan.

Tak hanya warga Dusun Klampok yang menjadi sasaran aksi sosial itu. Sispala Muda melanjutkan bagi-bagi air bersih itu ke desa Karang Ploso yang lokasinya tidak jauh dari SMK Muhammadiyah 2 Gresik.

Menurut Noval Valentino, Ketua Panitia, kegiatan ini akan dilanjutkan pekan depan sambil melakukan penggalangan dana untuk pengadaan air yang akan dibagikan kepada warga.

Alhamdulillah, dari donasi yang terkumpul dari para anggota dan siswa yang lain, kami bisa mengupayakan empat tangki air bersih untuk dibagi-bagikan kepada warga. Mudah-mudahan untuk yang akan datang bisa bertambah lagi,” katanya penuh harap.

Ketika ditanya tentang tujuan kegiatan ini, Dedek Suherlan, selaku pembina, mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah membiasakan anggotanya untuk memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar melalui tindakan nyata, tidak hanya berwacana.

Sispala Muda merupakan Organisasi Pecinta Alam yang dimiliki oleh SMK Muhammadiyah 2 Benjeng, Gresik. Salah satu kegiatannya adalah mengadakan bakti sosial dalam rangka membantu meringankan beban masyarakat sekitar.

“Tidak hanya mendaki gunung dan camping saja, tapi kami juga siap membantu masyarakat jika diperlukan, terutama yang berkaitan dengan masalah lingkungan hidup,” Ujar Ainul Yakin, Waka Kesiswaan SMK Muhammadiyah 2 Benjeng, Gresik. (ayu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here